Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Advertisement
Advertisement
Bagi Anda yang sering mengalami nyeri saat haid, mungkin akan merasakan sakit yang teramat sangat. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu mengatasi nyeri haid Anda alami.

Nyeri haid atau bahasa ilmiahnya disebut dysmenorrhea, adalah hal lumrah yang sering terjadi. Rasa sakit pada perut bagian bawah menyebabkan sebagian wanita akan sulit melakukan aktifitas. Tidak jarang pula nyeri haid yang dirasakan mengubah mood seseorang menjadi jelek, mudah marah dan malas melakukan sesuatu.

Biasanya, solusi tercepat untuk meredakan nyeri haid adalah dengan mengonsumsi obat berbahan kimia. Padahal, masih ada cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri haid.



Berikut beberapa tips untuk meredakan nyeri haid secara alami tanpa obat.

1. Pengompresan

Mengompres perut dengan air hangat dipercaya dapat meredakan nyeri haid. Peningkatan suhu di area perut mampu membuat otot menjadi rileks dan aliran darah menjadi lancar.

2. Berbaring sesaat

Jika nyeri haid yang Anda alami tidak terlalu parah. Anda bisa berbaring sesaat dengan nyaman di atas ranjang dengan posisi telentang. Posisi ini akan menekan bagian-bagian tubuh yanh terkena dampak nyeri haid, seperti pundak, pinggang dan punggung.
Sambil sesekali menarik napas dalam-dalam untuk meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh Anda.

3. Pemijatan

Pemijatan bisa dilakukan secara perlahan di area perut. Lakukan pemijatan perlahan searah jarum jam. Gunakan minyak beraroma terapi untuk memberikan efek tenang dan nyeri haid pun akan berkurang secara perlahan.

4. Minum air hangat

Air hangat yang masuk ke dalam tubuh akan merilekskan otot yang tegang karena nyeri haid. Campurkan lemon pada air putih hangat dan rasakan sensasi menyegarkan sekaligus menenangkan. Niscaya, rasa segar lemon akan mengurangi nyeri haid Anda.

Hindari konsumsi kopi dan teh. Karena kafein yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan gangguan lambung yang akan memperparah nyeri haid yang Anda alami.

5. Jamu kunyit asam

Ramuan tradisional kunyit asam memang sudah sangat terkenal mampu mengurangi nyeri haid. Kandungan yang terdapat di dalamnya tidak diragukan lagi bisa meredakan nyeri haid dan memperlancar haid.

6. Cokelat

Siapa, sih yang tidak suka makanan yang satu ini? Ternyata,  bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid. Kandungan serotonin dalam cokelat mampu menstimulasi otak agar tubuh lebih rileks dan nyaman. Cokelat juga mengandung zat flavonoid yang mengandung antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan nyeri haid yang mengganggu aktifitas Anda. Jika nyeri haid datang, jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat berbahan kimia. Lakukanlah hal sederhana di atas dan nyeri haid yang Anda alami akan reda dan hilang secara perlahan.

Lihat juga cara menjaga dan merawat tubuh agar tetap sehat.


Selamat mencoba!