Pengertian Dan Keutamaan Makna Arti Puasa Arafah Dan Tarwiyah

Advertisement
Advertisement
Pengertian Dan Keutamaan Makna Arti Puasa Arafah Dan Tarwiyah - Pusa arafah itu adalah puasa yang pengerjaannya sama seperti puasa sya'ban, namun ada juga perbedaanya itu, kalau puasa arafah mempunyai keunggulan, atau keutamaan bisa juga di sebut makna. Maknannya itu adalah akan di ampuni dosa setahun ke belakang dan setahun ke depan, adapun dalil yang menjelaskan makna dari puasa arafah tersebut.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162). Sedangkan untuk orang yang berhaji tidak dianjurkan melaksanakan puasa ‘Arofah. Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata,

Makna Arti Puasa Arafah Dan Tarwiyah

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَفْطَرَ بِعَرَفَةَ وَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ أُمُّ الْفَضْلِ بِلَبَنٍ فَشَرِبَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berpuasa ketika di Arofah. Ketika itu beliau disuguhkan minuman susu, beliau pun meminumnya.” (HR. Tirmidzi no. 750. Hasan shahih)

Tidak hanya puasa arafah saja yang di kerjakan namun sebelemunya juga harus mengerjakan sunnah puasa tarwiyah, adapun makna dari puasa tarwiyah tersebut ialah puasa yang jika di kerjakan akan di ampuni dosa selama satu tahun. dan ada juga dalil atau hadits yang memperkuat akan makna dari puasa tarwiyah tersebut.

صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ، وَصَوْمُ يَوْمِ عَرفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ

“Artinya : Puasa pada hari tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Kalau menurut ru'yah atau hisab falakiyah waktu pelaksanan atau pengerjaannya puasa idul adha atau biasa yang disebut puasa arafah tersebet jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah dan masehinya jatuh pada tanggal 11 september 2016, dan hari raya idul adha atau lebaran qur'bannya jatuh pada tanggal 12 september.

Itulah sedikit tentang keutamaan, makna, fadilah, atau bisa juga di sebut makalah singkat padat tentang artikel puasa arafah 2016, dan jika kalian perlu tentang niat puasa arafahnya, bisa di lihat di artikel kami yang sebelumnya yaitu tentang niat puasa arafah dan tarwiyah sebelum hari raya idul adha Dzulhijjah.

Advertisement