Bacaan Lafadz Takbir Di Malam Lebaran Idul Fitri/Idul Adha

Advertisement
Advertisement
Bacaan Takbir Di Malam Lebaran Idul Fitri/Idul Adha - Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan teks dan lafadz Takbiran, di mana teks ini sangatlah banyak yang mencari-cari di penelusuran google, pada dasarnya gema takbiran idul fitri sudah di mulai di masjid dan sudah mulai ramai gema takbiran berkumandang di mana-mana baik di indonesia maupun di seluruh dunia sekalipun. Yang melaksanakan takbiran idul fitri ini adalah umat muslim di selulrh dunia.

Hari raya lebaran agama islam itu ada dua di antaranya adalah hari lebaran idul fitri 1 syawal dan yang keduanya adalah hari raya idul adha yang bertepatan pada tanggal 10 bulan dzulhijjah, dan ketika sudah memasuki ke dalam hari raya lebaran maka di sunnahkan muakkad khususnya bagi umat muslim seluruh dunia baik itu anak-anak, remaja, dewasa, tua, lelaki dan wanita untuk mengerjakan shalat Ied Hari raya idul fitri yang di mulai dari terbitnya matahari sampai dengan tergelincirnya matahari.

Namun tetapi sebelum mengerjakan shalat Ied idul fitri maupun idul adha maka di sunnahkan bagi setiap amat islam mengucapkan dan membaca takbir pada malam harinya, hal ini merupakan seperti sabda Nabi Muhammad Saw seperti berikut ini ”Hiasilah Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) kalian dengan memperbanyak membaca takbir” dan di jelaskan lagi pada kitab fathul Qarib yang berbunyi sebagai berikut ini ” Disunnahkan membaca Takbir bagi Pria dan Wanita, dirumah maupun di perjalanan, di mana saja, dijalanan, di masjid dan juga di pasar – pasar mulai dari terbenamnya Matahari malam Idul Fitri hingga Imam melakukan Shalat id (Kitab Fathul Qarib)”.

Gambar Takbiran Lebaran Idul Fitri

Adapun Hikmah dan faedah nya membaca takbir pada malam tersebut adalah sunnah dan manfaat takbir hari raya lebaran idul fitri untuk melembur pada malam hari dan juga menghapus segala dosa, namun keutamaan membaca takbir sebagai mana yang sudah di jelaskan oleh nabi kita ykani Nabi Muhammad SAW di dalam sabdanya yang berbunyi ” Perbanyaklah membaca Takbiran pada malam Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) karena hal itu dapat melebur dosa – dosa” Di bawah ini kami sudah persiapkan bacaan dan lafadz takbir idul fitri Dan idul adha menggunakan Bahasa Arab, Latin Dan terjemahaannya yang bisa anda hafalkan atau juga bisa anda salinkan kembali kedalam buku anda agar nantinya tidak lupa. Yuk kita lihat selengkapnya di bawah ini.

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُاَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ
اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّاَصِيْلاً. لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَلاَنَعْبُدُ اِلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ، وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَاَعَزَّجُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، لآَاِلهَ اَلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ

ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLAALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD. (Dibaca 3 kali)
ALLAAHU AKBARU KABIIRAA, WALHAMDU LILLAAHI KATSIIRAA, WA SUBHAANALLAAHI BUKRATAW WA ASHIILAA, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALAA NA'BUDU ILLAA IYYAAHU MUKHLISHIINA LAHUDDIIN, WALAU KARIHAL KAAFIRUUN, LAA ILAAHA ILALLAAHU WAHDAH, SHADAQAWA'DAH, WANASHARA 'ABDAH, WA A-'AZZA JUNDAH, WAHAZAMAL AHZAABA WAHADAH, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBARU WALILLAAHIL HAMD.

Terjemahan Dan Artinya : Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan kecuali Alah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi-Nya segala pua dan puji.
Allah Maha Besar dan pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya, bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang. Tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan ikhlas menjalankan agama walaupun orang-orang karif membenci. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata. Benar janji-Nya, dan menolong hamba-Nya, juga lasykar-Nya dan menghancurkan musuhNya dengan dirinya semata. Tidak ada Tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi Allah semata segala puja dan puji.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Lafadz Bacaan Takbiran Idul Fitri dan Idul adha, semoga lafadz bacaan yang kami persembahkan seperti di atas bisa bermanfaat khususnya bagi kita semua umat muslim yang akan melaksanakan tabiran di masjid-masid pada malam harinya dan juga di pagi harinya kita melaksanakan Shalat Idul Fitri 1437 H 2016

Advertisement