Biodata Dan Biografi Singkat Tokoh Pahlawan Soekarno

Advertisement
Advertisement
;
Biodata Dan Biografi Singkat Tokoh Pahlawan Soekarno - Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas dan menginformasikan Biografi dan nama presiden republik indonesia yang pertama kalinya menjabat menjadi presiden di tanah air, dan pastinya anda akan bertanya-tanya siapakah presiden pertama di indonesia dan inilah jawabannya..? ia adalah Soekarno, perlu anda ketahui kembali presiden Soekarno ini pertama kali menjabat pada priode 1945 samapai dengan 1966. dan ia memerankan peranan yang sangat penting dalam memerdekakan bangsa indonesia dari penjajahan belanda sejak tahun Soekarno menjabat menjadi presiden republik indonesia. Soekarno adalah seorang ploklamator kemerdekaan indonesia bersama dengan Mohammad Hatta yang terjadi sejak tanggal 17 agustus tahun 1945. Selain itu Soekarno juga yang pertama kalinya mencetuskan konsep mengenai pancasila sebagai dasar negara indonesia dan Soekarno sendiri yang menamainya. Mungkin kali ini kami akan menginformasikan tentang Soekarno agar nantinya anda lebih tahu sosok presiden republik indonesia yang pertama kalinya menjabat. Untuk Informasi lebih lanjutnya mengenai Soekarno bisa di lihat selengkapnya di bawah ini.

Ketika Soekarno di lahirkan pernah di beri nama kusno oleh orang tuanya, tetapi karena Soekarno sering sakit-sakitan maka ketika ia berumur 11 tahun lamanya di ubah menjadi Soekarno oleh ayahnya yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, untuk nama Soekarno sendiri di ambil dari seorang panglima perang dalam sejarah dan kisah Bharata Yudha yaitu Karna, untuk nama "karna" nya sendiri di ubah menjadi "Karno" menginat di dalam bahasa jawa itu huruf "a" berubah menjadi huruf "o" untuk nama awalnya "su" yang memiliki arti "baik". Nah di kumudian harinya ketika Soekarno menjadi presiden, ejaan namanya di ganti olehnya menjadi Sukarno, karena menurutnya sendiri nama tersebut menggunakan ejaan penjajahan belanda. Tetapi ia masih menggunakan nama soekarno di dalam tanda tangannya, karena tanda tangan tersebut merupakan tanda tangan yang tercantum di dalam teks proklamasi kemerdekaan indonesia yang tidak boleh di ubah sedikitpun. Dan setelah berumur 50 tahun lamanya tidak mudah untuk mengubah tanda tangannya, untuk sebutan nama akrab soekarno adalah bung karno.

Menariknya di beberapa negara nama tersebut sering di tulis dengan nama Achmed Soekarno, dan hal ini karena terjadi di saat soekarno pertama kalinya berkunjung ke negara amerika serikat, dan sejumlah wartawanpun mulai bertanya-tanya,,,? "Siapakah nama kecil Soekarno" dan hal ini membutuh rujukan yang pasti, di karenakan mereka tidak mengerti dan tidak bisa memahami kebiasaannya masyarakat indonesia yang hanya menggunakan satu nama saja atau tidak memiliki nama keluarga. Menarik lainnya nama Achmed tersebut di dapatkan di saat ketika menunaikan ibadah haji, tetapi di dalam beberapa informasi lainnya, nama tersebut pemberian nama achmed di depan nama soekarno, dan hal ini di lakukan oleh para diplomat muslim asal negara indonesia yang sedang melakukan misi ke luar negri, di dalam upaya hanya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara indonesia oleh negara-negara Arab.

Gambar Biografi Singkat Soekarno

Sedikit mengulas semasa kecilnya soekarno, soekarno ini di lahirkan dengan kedua orang tua yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo yang merupakan sebuah nama ayahnya, untuk nama ibunya sendiri yaitu Ida Ayu Nyoman Rai. Pertemuan antara kedua ayah dan ibunya di mulai dari Raden Soekemi yang merupakan seorang guru sekolah dasar pribumi di singaraja, daerah bali. Dan Istri ayah soekarno merupakan keturunan bangsawan dari Bali yang beragama Hindu, untuk ayahnya sendiri yang beragama islam. Dan mereka juga telah memiliki seorang anak perempuan yang bernama Sukarmini sebelum soekarno di lahirkan. Semasa kecilnya soekarna tinggal bersama kakeknya dan ia bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.

Pertama kalinya soekarna sekolah di Tulung Agung hingga akhirnya soekarna pindah ke mojokerto, mengikuti ibu dan ayahnya di saat kedua orang tuannya di tugaskan di kota tersebut. Dan ayahnya memasukan Soekarno ke Eerste Inlandse School, dan sekolahnya merupakan tempat ia bekerja, kemudian pada tahun 1911 pada bulan juni soekarno di pindahkan sekolahnya ke Europeesche Lagere School (ELS) dan hal ini merupakan agar bisa memudahkan di terima di Hogere Burger School (HBS). Dan pada tahun 1915 ia telah menyelesaikan pendidikannya di ELS serta berhasil melanjutkan ke HBS di surabaya, jatim jawa timur. Dan keberhasilan tersebut dapat di terima di HBS merupakan atas bantuan seorang teman ayahnya yang bernama H.O.S. Tjokroaminoto. Selain itu H.O.S. Tjokroaminoto memberikan sebuah tempat tinggal kepada Soekarno di pondok kediamannya surabaya. Selain itu soekarno juga sering bertemu dengan para peminpin serekat islam, yang merupakan organisasi yang di pimpin teman ayahnya yang bernama Tjokroaminoto saat itu. Dan para pemimpin serekat islam itu di antaranya adalah Dharsono, Alimin, Haji Agus Salim, Abdul Muis dan Musso.

Menarik lainnya Ia kemudian mulai aktif di dalam ke giatan organisasi pemuda trio koro dharmo yang di bentukan sebagai organisas dari Budi Utomo, dan nama organisasi tersebut kemudian ia ganti menjadi jong java atau juga bisa di sebut pemuda jawa, dan hal ini terjadi pada tahun 1981, Selain hal yang menarik ternyata soekarno juga aktif menulis di harian "Oetoesan Hindia" yang masih di pimpin oleh Tjokroaminoto. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Sesosok Presiden yang pertama kalinya di indonesia, bila anda kepingin lebih tahu sejarah lebih dalam lagi tentang biografi soekarno bisa anda kunjungi di situs resminya https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno. Nah untuk Profil Lengkapnya bisa anda lihat di bawah ini.

Nama Lengkap : Soekarno
Alias : Bung Karno | Pak Karno
Profesi : Pahlawan Nasional
Agama : Islam
Tempat Lahir : Surabaya, Jawa Timur
Tanggal Lahir : Kamis, 6 Juni 1901
Zodiac : Gemini
Warga Negara : Indonesia

Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
Anak : Megawati Soekarnoputri, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Taufan Soekarnoputra , Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan, Kartika Sari Dewi Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri
Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai
Istri : Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar, Fatmawati Soekarno

Dan anda juga bisa lihat biodata dan biografi singkat dari tokoh-tokoh pahlawan dan dari tokoh-tokoh agama, salah satunya seperti biografi ra kartini, biografi mario teguh, biografi iwan pals, biografi bj habibi dan masih banyak lagi yang lainntya yang bisa anda lihat ssecara langsung di situs ini : zimosy.com.

Advertisement