Bacaan Niat Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha - Puasa Sunah Tarwiyah Dan Arafah yang sering kita lakukan di bulan dzulhijjah biasanya di laksanakan pada tanggal 8 dan 9 dan itu juga memasuki 10 hari pertama di bulan haji atau juga di bulan dzulhijjah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah Dan Arafah yang memasuki 10 hari pertama di bulan haji atau juga di bulan dzulhijjah tentunya menjadi peluang penting bagi kita untuk mengetahui ke utamaannya, dan ke utamaannya ini adalah menjadikan amal ibadah yang baik atau juga amal sholih.

Pada 10 hari terakhir ini Allah SWT membukakan pintu rahmatnya yang sangat besar bagi si hambanya yang melakukan amal shalih, salah satu amal shalih yang di lakukan kita adalah melakukan puasa sunah Tarwiyah Dan Arafah pada tanggal 8 dan 9 yang memasuki 10 hari terakhir di bulan dzulhijjah.

Niat Bacaan Puasa Sunah Tarwiyah Dan  Arafah

Mungkin hal ini telah tercantumkan dalam hadits shahih dari Nabi Kita yakni Nabi MUHAMMAD SAW yang di kisahkan oleh Abu Qatadah Al- Anshariy ” Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah?” Maka beliau menjawab, ” Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.” (HR. Muslim no.1162 dalam hadits yang panjang).

Untuk Bacaan Doa dan Niat Puasa Tarwiyah dan Arofah, 8-9 Dzulhijah 1435H
1. Niat puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

LATIN : Nawaitu sauma tarwiyata sunnatal lillahi ta'ala
ARTINYA : “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Puasa Sunah Tarwiyah ini sering kali di laksanakan pada tanggal 8 dzulhijjah. Adapun keutamaan puasa sunah tarwiyah bisa di jelaskan seperti hadits di atas. jika anda ingin terhapus dari segala dosa makanya jangan lewatkan puasa sunah ini, karena puasa sunah ini hanya akan datang setahun sekali bertepatan datangnya bulan haji atau juga bulan dzulhijjah.

2. Niat puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

LATIN: Nawaitu sauma 'arafata sunnatal lillahi aa'ala
ARTINYA:“Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Arafah di laksanakan atau di lakukan dan juga di niatkan pada tanggal 9 dzulhijjah bulan haji ini. dan puasa ini di kaitkan dengan puasa arafah jamaah haji di tanah suci yang sedang melaksanakan wukuf di padang arafah, lalu pada tanggal 10 dzulhijjah akan melaksanakan hari raya idul adha, oleh karena itu puasa sunah ini di namai dengan puasa arafah, puasa dzulhijjah tarwiyah dan arafah, puasa tarwiyah di bulan dzulhijjah, keutamaan puasa arafah, pengertian puasa tarwiyah dan arafah. Mungkin keutamaan puasa arafah ini bisa di jelaskan dalam hadits seperti di atas. dan anda juga bisa lihat artikel yang lainnya tentang idul adha. seperti kata ucapan idul adha.

Advertisement