Bacaan Doa Untuk Mendoakan Kedua Orang Tua

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Kedua Orang Tua Untuk Ibu dan Bapak - Mungkin kita sebagai umat islam yang mempunyai kedua orang tua yang masih ada kita tetap harus wajib mendo'akan nya. Mestinya kita berpikir sedikit demi sedikit tentang orang tua kita, dari berumur kita kecil samapi dewasa, kita tidak bisa membalas jasanya, dari mulai di susui sampai dengan di pakai dengan baju dan celana kita juga masih belum bisa berpikir bagai mana cara memblas jasa yang begitu besar.

Mungkin dengan berbakti kepada ke dua orang tua rahasianya, karena agama islam tentunya agama kita telah mengajarkan kita untuk berbakti kepada ke dua orang tua kita, mengingatkan kembali banyaknya serta besarnya pengorbanan dan kebaikan yang telah iya berikan kepada anaknya, yaitu dengan cara mendidik dan mengajarkan yang baik kepada anaknya semenjak kecil samapai sekarang mungkin itu semua tidak pernah terhitung pengorbanan nya kepada anak-ankanya.

Dan orang tua kami atau anda pastinya tidak mengharapkan balasan sedikit pun dari anaknya, meskipun anaknya sudah dewasa dan sudah mandiri serta sudah berkecukupan biaya dengan penghasilannya sendiri, tetapi orang tua tetap tidak memperhatikan penghasilan dan kedewasaan anaknya, dan orang tua kita semua pastinya memperhatikan kasih sayang anaknya kepada anaknya.

Gambar Doa Untuk Kedua Orang Tua

Oleh karena itu seorang anak memiliki bermacam-macam kewajiban yang harus di patuhi dan tidak bertentangan dengan aturan - aturan islamiah, kewajiban kita sebagai anak adalah turut patuh terhadap orang tua dan itu juga patuh kepada orang tua merupakan patuh dan turut yang ke dua setelah Alloh Swt, kalau kita durhaka kepada kedua orang tua kita, berarti kita juga telah menyalahi aturan agama yang sangat besar.di bawah ini yang merupakan hadist dari ibnu hibban dan al-hakim

عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال : قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ :( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم

Artinya: dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a. ia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “ Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. : ( H.R.A t-Tirmidzi. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Hadis al-mughirah bin su’bah tentang allah mengharamkan durhaka kepada ibu, menolak kewajiban, meminta yang bukan haknya.
عن المغيرة بن شعبة قال النبي صلى الله عليه وسلم : ان الله حرم عليكم عقوق الامهات ووأد البنات ومنع وهات وكره لكم قيل وقال وكثرة السؤال واضاعة المال :(اخرجه البخاري
Artinya: dari Al-Mughirah bin Syu’ban r.a. ia berkata, Nabi Saw telah bersabda: “ Sungguh Allah ta’ala mengharamkan kalian durhaka kepada ibu, menolak kewajiban, meminta yang bukan haknya dan mengubur hidup-hidup anak perempuan. Allah juga membenci orang yang banyak bicara, banyak pertanyaan dan menyia-nyiakan harta.” (H.R.Bukhari)

Hadis abdullah bin mas’ud tentang amal yang paling disukai Allah SWT.
عَبْدُ الله بن مَسْعُودٍ قال سَاَ لْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ايُّ الْعَمَلِ اَحَبُّ الى الله قال: الصَّلَاةُ على وَقْتِهَا قال: ثم اي قال:ثُمَّ بِرُّ الْوَالْدَيْنِ قال: ثم اي قال: الجِهَادُ فى سَبِيْلِ الله :( اخرجه البخاري و مسلم
Artinya: “ dari Abdullah bin Mas’ud r.a. ia berkata: “ Saya bertanya kepada Nabi saw: amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala?” beliau menjawab: “ shalat pada waktunya. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berbuat baik kepada kedua orang tua. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berjihad(berjuang) di jalan Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Mungkin itu di atas merupakan hadist - hadist kedua orang tua kita, untuk melengkapi pembahasan di atas, kami juga akam melengkapi dengan do'a yang wajib kita bacakan selepas atau sesudah mengerjakan sholat yang lima waktu. Hafal dan baca do'a nya di bawah ini :

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”
Artinya : “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Mungkin itu saja dari kami tentang bacaan doa kedua orang tua untuk ibu dan bapak, moga artikel ini bermanfaat bagi anda khusus nya bagi kami yang menulisnya moga saja kita sebagai umat muslim wal muslimat wabil khusus umat muslim seluruh dunia, menjadi anak yang berbakti kepada orang tua nya. Amin

Advertisement