Tata Cara Sholat Sunnah Dhuha Dan Doa Dhuha

Advertisement
Advertisement
;
Tata Cara Sholat Sunnah Dhuha Dan Doa Dhuha - Orang muslim pastinya tidak aneh lagi dengan yang namanya sholat sunnat, tapi sholat sunnat itu banyak loh di antaranya sholat sunnah tahajud, sunnah hajat, sunnah taubat, dan sebagainya lagi dan mungkin kali ini kami selaku yang mempunyai Website sederhana ini ingin berbagi dengan anda tentang Tata cara sholat dhuha yang sering kita lakukan.

Mungkin sholat dhuha ini merupakan sholat sunnah yang di lakukan di pagi hari, kalau kata orang tua dahulu itu sholat dhuha dilakukan pada waktu dhuha yakni waktu di mana terbitnya matahari paling di antara sekitaran jam 7 hinnga menjelang sekitaran setengah 12 siang. inilah waktu di mana kita melakukan sholat sunnat dhuha.

Langsung saja ke inti berikutnya Sholat Dhuha di lakukan dalam satuan dua rokaat dan satu kali salam, yang artinya adalah sholat 2 rokaat satu kali salam, Jika anda belum tahu jumlahan sholat dhuha itu berapa, langsung saja baca ya menurut para pendatat masing-masing ulama yang berbeda-beda sholat dhuha itu ada yang mengatakan 8 rokaat dan ada uga yang mengatakan 12 rokaat kalau di itung-itung 12 rokaat, salam nya menjadi 6 kali salam kalau delapn itungan salam nya menjadi 4 kali salam.

Ulama juga ada yang mengatakan pendapat mengenai sholat dhuha katanya tidak ada batasan untuk melakukan sholat dhuha dalam jumlahan rokaatnya. Tapi kalau kita benar-benar ingan beribadah dan gak mampu melakukan jumlahan rokaat seperti di atas anda pun bisa melakukan sholat sunat dhuha semampunya karena Allah SWT tidak akan pernah melarang bagi sihambanya yang banyak beribadah kepadanya. Jadi intinya lakukanlah semampunya saja.

Cara Sholat Sunnah Dhuha

Mungkin niat sholatnya pasti sudah pada apal ya tapi kami di sini cuma berbagi do'a dan artinya saja langsung saja baca do'a di bawah ini.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Jika Tulisan di arabnya terlalu kecil untuk di baca bacalah latinya di bawah ini :

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya :

Yaa Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Yaa Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh

Mungkin itulah bacaan do'a niat sholat sunnat dhuha moga do'a di atas jika anda hafalkan mudah-mudahan cepat kehafalnya,Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda di situs sederhana ini Wassalam. Dan kami juga sudah membuat tata cara sholat tahajud dan doanya.

Advertisement